Senin, 10 Oktober 2011

Thanks Steve: 10 Hal Merubah Dunia

Rabu, 5 Oktober 2011 lalu CEO Apple, Steve Jobs meninggal dunia karena penyakit pankreas. Steve Jobs meninggalkan dunia dengan karyanya-karyanya yang kreatif dan inovatif.
Apple I, Apple II, Lisa, Macintosh, NeXT Computer, iPod, iMac, iTunesStore, iPhone, iPad. Beberapa barang diatas adalah 10 karya terpenting Steve Jobs.
Selain karya hardware dan softwarenya ia masih memiliki satu karya yaitu kubus kaca yang berdiri di New York, Amerika Serikat. Pemikirannya yang selalu berbeda dari kebanyakan orang dapat menghasilkan karya yang inofativ serta menjadi pelopor dalam bidang teknologi. Sampai-sampai dari pola pikirnya tersebut terdapat 10 hal dari beliau yang dapat merubah dunia, antara lain:
  1. Desain. Jika produsen lain mencoba membuat processor yang cepat Steve Jobs justru mengotak-atik desainnya sehingga menjadi desain yang cerdas dan minimalis.
  2. Musik. iTunes lahir pada tahun 2003 dan menjadi pelopor perdagangan musik digital secara legal. Dengan perpaduan antara iTunes dan iPod, jadillah iTunes retailer musik online terbesar dengan 20 juta lebih member.
  3. PC. Apple II menjadi PC populer di era 1980 yang praktis digunakan sebagai alat kerja.
  4. Pasca PC. Apa maksudnya? Setelah mempelopori appleII, ia telah merevolusi dari komputer personal menjadi komputer tablet atau iPad.
  5. Iklan. Iklan macintosh 1984 yang dibuat oleh Ridley Scott selalu elegan dan sama inofatifnya dengan produk yang diiklankan.
  6. iPhone. Lewat iPhone Jobs mengawali era Smartphone yang diikuti oleh para kompetitor lainnya. iPhone memiliki desain yang sangat minimalis touch screen dan nyaman dipakai.
  7. Ekosistem. Konsep ekosisem ala Jobs memungkinkan orang untuk menghemat bahan bakar serta sampah kertas dan plastik.
  8. OS Mac. Sistem operasi Mac Apple selalu didesain lebih simple daripada kompetitor. Dan tak jarang mendapat kritik tapi itulah kekuatan Apple.
  9. Apple Store. Pada awalnya toko ini mendapat cibiran dari orang-orang sekitar namun 10 tahun kemudian toko ini berkembang menjadi 345 toko.
  10. Apple Inc. Warisan terbesar Jobs bukanlah software atau hardware yang saya sebutkan tadi melainkan Apple Inc sendiri, Perusahaan yang pernah memecatnya dan akhirnya ia masuk lagi tahun 1997 disaat kondisi perusahaan tersebut hampir kolaps. Dia berhasil menyulapnya menjadi perusahaan raksasa.
Source: JawaPos, Jumat, 7 Oktober 2011

Beberapa karya dan 10 hal penting yang telah dihasilkan Steve Jobs membuat ia dikenang oleh berbagai kalangan. Sampai-sampai ada salah satu karya mahasiswa Hongkong yaitu Jonathan Mak yang membuat logo apple dengan mengola logo apple. Logo apple yang terdapat gigitan tersebut diganti menjadi gambar siluet Steve Jobs.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

write your comment here :D